Ikut Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan, Begini Peluang 2 Pemain Voli Putri Indonesia Bermain di Korsel

- 26 April 2024, 07:33 WIB
Yolla Yuliana, salah satu dari 2 pevoki putri Indonesia yang ikut Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan
Yolla Yuliana, salah satu dari 2 pevoki putri Indonesia yang ikut Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan /Foto: @yollayuliana1515

GARUDA SPORT - Yolla Yuliana dan Aulia Suci Nurfadila merupakan 2 pemain voli putri Indonesia yang ikut serta dalam Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan musim 2024 nanti. Ini adalah pertama kalinya mereka ikut serta dalam Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan. Tryout akan dilakukan pada Senin, 29 April 2024 hingga Rabu, 1 Mei 2024 di Jeju Hall Gymnasium and Hotel, kota Jeju, Korea Selatan. 

Untuk Yolla Yuliana yang berposisi sebagai middle blocker, ada peluangnya walau kecil. Berkaca pada Liga Voli Putri Korea Selatan musim 2023/24, hanya Gwangju AI Peppers, tim voli putri asal kota Gwangju, yang menggunakan middle blocker dari pemain asing, yaitu Mar-Jana Phillips, pemain voli adal Filipina. 

Selebihnya, tim voli putri Korea Selatan menggunakan middle blocker dari pemain lokal. Direkrutnya Mar-Jana Phillips dilakukan oleh Gwangju AI Peppers karena middle bloker utama mereka, yaitu Orkhon Tseveenravdan, mengalami cedera. Cederanya middle blocker berusia 20 tahun itu membuatnya absen sepanjang musim 2023/24.

Dari 7 tim voli putri Korea Selatan, diperkirakan hanya Gwangju AI Peppers dan GS Caltex Seoul KIXX yang membutuhkan pemain yang berposisi sebagai middle blocker. Berkaca di musim lalu, GS Caltex punya kelemahan dalam pemain middle blocker yang mereka punya. AI Peppers juga berpeluang untuk rekrut middle blocker dari pemain Asia jika nantinya cedera Orkhon belum pulih dan Mar-Jana Phillips menolak tawaran tim atau direkrut tim voli lain. 

Meski punya peluang, Yolla Yuliana harus bersaing dengan beberapa pemain Asia lainnya dalam Tryout Liga Voli Putri Korea Selatan musim 2024. Beberapa diantaranya adalah Ruilei Hwang dan Yu Zhang dari China, Katarina Osadchuk dari Australia, Anilise Fitzy dari Selandia Baru, hingga Alexandra Kunchenko dari Kazakhstan. 

Untuk Aulia Suci Nurfadila, ada peluang untuk berlaga di Korea Selatan yang dirinya merupakan outside hitter. Diantaranya Jung Kwan Jang Red Sparks yang ditinggal oleh Lee So-young dan Giovanna Milana alias Gia.

Di Incheon Heungkuk Life Pink Spiders, tim voli putri berbasis di kota Incheon, tim sedang mencari tandem dari Kim Yeon-koung. Tim tidak lagi mengontrak Reina Tokoku untuk mengarungi musim depan. 

Terakhir, GS Caltex Seoul KIXX juga punya keelemahan di posisi itu selain middle blocker. Gyselle Silva butuh tandem baru setelah Kang So-hwi pindah ke Gimcheon Korea Expressway Hi-pass. Apalagi, Iris Tolenada tidak bersama tim itu pada musim depan. 

Aulia Suci Nurfadila harus bersai g dengan beberapa pemain Asia lainnya dalam Tryout kaki ini. Diantaranya Yunieska Robles Batista dari Kazakhstan, Maedeh Bohrani Esfahani dan Mahsa Saberi dari Iran, Kuttika Kaewpin dari Thailand, hingga Tu Linh Tran dari Vietnam.

Mengenai peluang Aulia Suci Nurfadila berlaga di Korea Selatan, ia bisa saja direkrut oleh Pink Spiders atau GS Caltex. Hal itu mengingat Red Sparks yang berpeluang memperpanjang kontrak Megawati Hangestri. ***

Editor: Arief Farizham

Sumber: Youtube AM Station


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x