Netizen Indonesia Sebut Tim Medis Terlambat Datang, Begini Kronologi Lengkap dari BAJC 2024

- 1 Juli 2024, 20:56 WIB
Pebulutangkis muda berbakat asal Tiongkok Zhang Zhi Jie.
Pebulutangkis muda berbakat asal Tiongkok Zhang Zhi Jie. /Foto: Instagram/@badmintonasia.official/

GARUDA SPORT - Saat Zhang Zhijie pingsan dan alami kejang-kejang, tim medis Badminton Asia Junior Championships 2024 alami keterlambatan memberikan pertolongan pertama kepada Zhang Zhijie. 

Keterlambatan penanganan medis yang diterima oleh Zhang Zhijie menjadi perhatian netizen Indonesia. Bahkan dalam beberapa postingan Instagram yang membahas Zhang Zhijie, banyak netizen Indonesia memberikan komentar yang menyebut tim medis terlambat memberikan penanganan medis. Contohnya apda akun Instagram @omagillclark hingga @bwf.official. 

Mengetahui hal itu, pihak panitia Badminton Asia Junior Championships 2024, PBSI, serta kedua dokter yang menangani Zhang Zhijie melakukan konferensi pers. Dalam konferensi pers itu, mereka menjelaskan secara lengkap kronologis yang dialami oleh Zhang Zhijie hingga meninggal dunia. 

Saat game pertama masih kedudukan 11-11, Zhang Zhijie yang siap terima service dari Kazuma Kawano tiba-tiba pingsan dan alami kejang-kejang. Setelah wasit atau umpire angkat tangan, tim medis dan dokter yang disiagakan ajang itu masuk ke lapangan. 

Saat menerima pertolongan pertama dari tim medis, Zhang Zhijie alami penurunan kesadaran yang ditandai dengan pernapasan yang tidak teratur. Satu menit 20 detik setelah mendapat pertolongan pertama, dokter siaga itu meminta tunggal putra China itu dibawa ke rumah sakit. 

Zhang Zhijie dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. Suhardi Hardjolukito yang berjarak 4,7 km dari GOR Amongrogo, Yogyakarta. Sesamapainya di UGD rumah sakit itu, tidak ditemukan nadi dan nafas spontan dari Zhang Zhijie. Tim medis rumah sakit melakukan prosedur pijat jantung luar disertai alat bantu nafas selama 3 jam. 

Walau begitu, tidak ada respon dari Zhang Zhijie serta timbul tanda kematian sekunder. Pada akhirnya, tim medis RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menyatakan Zhang Zhijie telah meninggal dunia pada pukul 20:50 WIB (21:50 waktu China). 

Pihak timnas bulutangkis China meminta Zhang Zhijie dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito untuk penanganan lebih lanjut. Sesampainya di rumah sakit itu, tim medis melakukan resusitasi jantung dan paru-paru selama 1,5 jam. Hasilnya, Zhang Zhijie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23:20 WIB. 

Pada intinya, Zhang Zhijie sudah dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20:50 WIB. Zhang Zhijie dinyatakan mengalami henti jantung yang mendadak. Semua keterangan ini disampaikan oleh Broto Happy selaku Humas PP PBSI. 

Sekali lagi, kami segenap Garuda Sport, Pikiran Rakyat, serta pembaca menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya Zhang Zhijie. Kami mengingatkan pesan dari Broto Happy untuk tidak sebar luaskan foto atau video kronologi jatuhnya Zhang Zhijie demi menghormati keluarga dan timnas bulutangkis China junior yang sedang berkabung. ***

Editor: Arief Farizham

Sumber: Instagram @bolalobbadminton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah