21 Atlet Indonesia Dipastikan akan ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Akan Bertambah?

- 2 Mei 2024, 15:13 WIB
Cincin Olimpiade untuk merayakan pengumuman resmi IOC bahwa Paris memenangkan tawaran Olimpiade 2024 terlihat di depan Menara Eiffel di alun-alun Trocadero di Paris, Prancis, 16 September 2017.
Cincin Olimpiade untuk merayakan pengumuman resmi IOC bahwa Paris memenangkan tawaran Olimpiade 2024 terlihat di depan Menara Eiffel di alun-alun Trocadero di Paris, Prancis, 16 September 2017. /REUTERS/Benoit Tessier

GARUDA SPORT - Hingga artikel ini dibuat, total 21 atlet Indonesia yang dipastikan akan berlaga di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. 2 cabang olahraga yang terbanyak menyumbangkan atlet Indonesia adalah bulutangkis dan angkat besi. Dari kedua cabang olahraga itu, ada 12 atlet yang akan berlaga di Olimpiade 2024. 

Peluang Indonesia untuk menambah jumlah atlet yang berlaga di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis semakin terbuka. Salah satunya dari sepakbola putra yang akan berlaga pada perebutan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024 melawan Irak. Jika berhasil kalahkan Irak, Indonesia U-23 dipastikan akan berlaga di grup B Olimpiade 2024 bersama Argentina, Ukraina, dan Maroko. 

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U23 saat Menghadapi Irak di Perebutan Juara 3 Piala Asia U23

Selalin itu, panjat tebing juga berpeluang bisa menambah atlet Indonesia untuk berlaga di Olimpiade 2024. Sebagai informasi, baru 2 atlet Indonesia yang dipastikan akan berlaga di Olimpiade 2024 hingga artikel ini dibuat. FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) memiliki target bisa membawa 6 atlet untuk berlaga di Olimpiade 2024. 

Cabang olahraga atletik juga berpeluang untuk Indonesia menambah atletnya berlaga di ajang multi olahraga sedunia itu. 2 atlet yang berpeluang untuk berlaga di Olimpiade 2024 nanti ada Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina. Sempat banyak pemberitaan bahwa keduanya lolos melalui jalur wild card, namun hal itu dibantah oleh Wijaya Noeradi, selaku Sekjen KOI (Komite Olahraga Indonesia). 

Hingga artikel ini dibuat, keduanya masih berjuang untuk mendapatkan tempat untuk berlaga di Olimpiade 2024 melalui skema universality places. Hal itu diperkuat dengan kabar yang disampaikan oleh Tigor M. Tanjung, Sekretaris Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). 

Di cabang olahraga renang, Pengurus Besar Akuatik Indonesia memiliki target sebanyak 5 atlet yang akan berlaga di Olimpiade 2024. Melalui Wakil Ketua Umum, Harlin Rahardjo, ia ungkapkan ada 4 atlet renang putra dan 1 putri yang ditargetkan akan mewakili Indonesia di Olimpiade 2024. 

Dengan sisa waktu kurang lebih 2 bulan, atlet-atlet Indonesia diharapkan agar berjuang sebaik mungkin demi bisa berlaga di Olimpiade 2024. Harapan agar Olimpiade 2024 merupakan salah satu pencapaian terbaik Indonesia sepanjang ikut serta di event tersebut. Sebsgai informasi, prestasi terbaik Indonesia di Olimpiade adalah di tahun 1992 dengan 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu dari cabang olahraga bulutangkis. ***

Editor: Arief Farizham

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah