Ini Alasan Inggris Berlaga Dibawah Bendera Britania Raya saat Olimpiade

- 30 April 2024, 08:00 WIB
Bendera Britania Raya
Bendera Britania Raya /REUTERS/May James./

GARUDA SPORT - Timnas Indonesia U-23 punya peluang untuk beelaga di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Sebagai informasi, Indonesia pernah kirimkan atlet sepakbola pada pergelaran Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia. Setelahnya, Indonesia belum pernah berlaga di Olimpiade. 

Hal yang menarik dari cabang olahraga sepakbola Olimpiade 2024 adalah perwakilan dari Eropa. Inggris yang merupakan juara Euro U-21 2023 tidak bisa tampil di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Itu membuat Inggris harus digantikan oleh negara penjajah, Israel, di Olimpiade 2024 cabor sepakbola putra. 

Baca Juga: Begini Jatah Negara Asia untuk Olimpiade 2024 Cabor Sepakbola Putra

Sejak ikut serta dalam Olimpiade, atlet dari Inggris berkompetisi bersama atlet dari Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dalam bendera Britania Raya. Mengapa hal itu terjadi? 

Salah satu netizen Inggris melalui salah satu situs tanya jawab memberikan penjelasannya. Alasannya karena Inggris Raya (Inggris, Wales, Skotlandia) dan Irlandia Utara hanya punya satu bendera saat Olimpiade. Bendera itu adalah bendera Britania Raya yang kita kenal atau orang disana menyebutnya Union Jack. 

Secara geografis, Inggris berada di daerah yang terpisah dengan negara-negara di Eropa lainnya di daratan. Hanya saja, Inggris berbatasan langsung dengan Wales dan Skotlandia di daratan. Pulau ini dinamakan Great Britain Island atau Pulau Britania Raya. 

Atlet Inggris yang berlaga dibawah bendera Britania Raya hanya diajang tertentu saja, seperti Olimpiade atau European Games. Sebagai informasi, European Games merupakan ajang multi olahraga yang sejenis dengan Asian Games. Yang membedakannya hanya perwakilannya yang berasal dari negara di benua Eropa. 

Di beberapa ajang cabang olahraga seperti sepkabola dan bulutangkis, atlet Inggris bisa bertanding dibawah bendera Inggris dan begitu juga dengan Skotlandia dan Wales. ***

Editor: Arief Farizham

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah