Lama Tidak Ada Kabar, Begini Proses Naturalisasi Justin Hubner. Kapan Main untuk Timnas Indonesia?

- 21 November 2023, 09:00 WIB
Lama Tidak Ada Kabar, Begini Proses Naturalisasi Justin Hubner. Kapan Main untuk Timnas Indonesia?
Lama Tidak Ada Kabar, Begini Proses Naturalisasi Justin Hubner. Kapan Main untuk Timnas Indonesia? /

GARUDA SPORT - Hingga kini, sudah beberapa pemain sepak bola yang merupakan keturunan Indonesia dinaturalisasi oleh negara agar menjadi warga negara Indonesia. Mulai dari Elkan Baggott, Sandy Walsh, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick. Kabar terbaru menyebut jika Justin Hubner, bek asal Belanda yang bermain untuk Wolverhampton U21, sedang menunggu izin dari Presiden Indonesia, Jokowi, untuk memperoleh izin untuk bermain di timnas Indonesia. Jika rencanaya berjalan dengan lancar, Justin Hubner diperkirakan akan bermain untuk timnas Indonesia pada ajang AFC Asian Cup 2024 di Qatar nanti.

Sebenarnya, rencana naturalisasi Justin Hubner dilakukan bersama dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Namun karena batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia karena lolosnya negara penjajah, Israel, di ajang itu, membuat Justin Hubner batal dinaturalisasi. Meski begitu, proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap berjalan dengan lancar. PSSI berharap agar Keputusan Presiden (Kepres) ditandatangani pekan ini. Untuk pemain keturunan Indonesia lainnya, seperti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, proses naturalisasi sedang dalam proses Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Informasi tersebut sangat mengejutkan. Hal itu mengingat jika sebelumnya gagal dinaturalisasi karena alasan yang kurang jelas. Semula, jika Piala Dunia U-20 2023 jsdi digelar di Indonesia, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick akan bermain untuk timnas Indonesia U-20 di ajang itu. Meski Justin Hubner batal dinaturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap dinaturalisasi dan sudah menjadi warga negara Indonesia. Bahkan, keduanya sudah pernah bermain untuk timnas Indonesia.

Baca Juga: Bermain Lawan Georgia, McTominay Jengkel dengan Pemain Georgia yang Guling-Guling ala Bali United

Secara mengejutkan, Erik Tohir selaku ketua umum PSSI, menyebut jika proses naturalisasi Justin Hubner sudah mencapai tahap akhir. Buktinya, proses naturalisasinya tinggal menunggu keputusan dari Presiden Jokowi untuk ditandatangani dan pengambilan sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia. Erik Tohir berharap agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Justin Hubner punya darah atau keturunan Indonesia dari ayahnya. Sedangkan ibunya berasal dari Belanda. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu dikontrak tim yang berjuluk The Wolves hingga Juni 2025. Menurut pelatih Wolverhampton U21, , Justin Hubner adalah bek yang solid dan tangguh. Ia punya ketenagan dalam berhadapan satu lawan satu dengan pemain menyerang dari tim lawan.

Sebenarnya, Justin Hubner pernah menjadi bagian dari timnas Belanda U-19 dan U-20. Menariknya, dalam naturalisasi kali ini, Justin Hubner akan dinaturalisasi bersama dengan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang punya posisi sebagai pemain bertahan atau bek. Semula, Erik Tohir ingin kedua pemain yang saat ini bermain untuk Venezia dan Swansea City itu bisa bermain untuk timnas Indonesia pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak. Tapi, naturalisasi keduanya baru rampung pada Maret 2024 nanti. ***

Editor: Handri

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x