Atlet Voli Pantai Indonesia Berpeluang untuk Lolos ke Ajang Olimpiade 2024

- 20 Juni 2024, 11:46 WIB
Dua atlet voli pantai Indonesia Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi  berhasil mencetak sejarah baru dengan menjuarai ajang Volleyball World Beach Pro Tour 2024 di Qingshan, Wuhan, China, pada Minggu (19/5/2024)/ANTARA/HO-Akun instagram @kemenpora/
Dua atlet voli pantai Indonesia Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi berhasil mencetak sejarah baru dengan menjuarai ajang Volleyball World Beach Pro Tour 2024 di Qingshan, Wuhan, China, pada Minggu (19/5/2024)/ANTARA/HO-Akun instagram @kemenpora/ /

GARUDA SPORT - Indonesia berpeluang untuk menambah atlet yang akan berlaga di Olimpiade 2024 Paris, Prancis. Pasalnya, atlet voli pantai Indonesia punya kansul untuk bisa bermain di Olimpiade 2024. Pasalnya, timnas voli pantai Indonesia akan berlaga di AVC Continental Cup 2024 yang berpengaruh pada kelolosan atlet cabang olahraga voli pantai Indonesia di Olimpiade 2024. 

Timnas voli pantai Indonesia dari putra maupun putri punya kans untuk berlaga di Olimpiade 2024 karena akan berjuang di ajang AVC Continental Cup 2024. Ajang tersebut diadakan di Ningbo, China, pada 21 hingga 23 Juni 2024. Meski bertemu lawan yang kuat, bukan hal yang mustahil nagi voli pantai Indonesia untuk mengirimkan atlet ke Olimpiade 2024. 

Sepanjang ikut serta Olimpiade sejak 1952 di Helsinki, Finlandia, Indonesia pernah kirimkan atlet voli pantai pada Olimpiade 1996 di Atalanta, Amerika Serikat. Kala itu, voli pantai putra Indonesia diperkuat oleh Markoji dan Muchammad Nurmufid. Sedangkan voli pantai putri Indonesia diperkuat oleh Eta Kaize dan Timy Yudhani Rahayu. 

Hasilnya, tim putra kalah di babak pertama, sedangkan tim putri gugur di babak kedua. Setelah 7 edisi Olimpiade, Indonesia berpeluang untuk loloskan atlet voli pantai di 2024. Sebenarnya, timnas voli pantai putra Indonesia punya peluang untuk berlaga di Olimpiade 2020 kemarin, hanya saja kalah 0-2 melawan Australia di laga final. 

Peluang itu ada karena timnas voli putra Indonesia punya Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi. Keduanya berhasil membuat prestasi untuk voli pantai Indonesia, yaitu menjadi wakil Indonesia pertama yang menang di ajang Beach Pro Tour Futures 2024 yang diselenggarakan di Wuhan, China, bulan lalu. 

Di ajang yang sama, tim voli pantai putri Indonesia yang diperkuat oleh Desi Ratnasari dan Nur Atika Sari berhasil menraih peringkat keempat. Meski begitu, tim voli pantai putri Indonesia tidak bisa dianggap remeh oleh lawan. 

Di AVC Continental Cup 2024, timnas voli pantai putra Indonesia akan diperkuat oleh Bintang Akbar, Sofyan Rachman Efendi, Danangsyah Pribadi, Yosi Ariel Firnanda, I Ketut Ardana, dan Yogi Hermawan. 

Sednagkan timnas voli pantai putri Indonesia, akan diperkuat oleh Desi Ratnasari, Nur Atika Sari, Bernadetta Shella, Josephine Kaize, Febrry Uarri, dan Divani Mahesa Fitri. Untuk Bernadetta Shella, sosok ini tidak merujuk pada atlet voli putri Indonesia yang membela Bank Jabar Tandamata, tim voli putri Indonesia. ***

Editor: Arief Farizham

Sumber: Instagram @buletinsports.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah