Siapa Pencetak Gol Terbanyak Piala Afrika Sepanjang Masa? Ini Daftarnya, Ternyata Bukan Pemain Mesir Lho!

- 31 Januari 2024, 22:53 WIB
Patung Samuel Etoo. Siapa Pencetak Gol Terbanyak Piala Afrika Sepanjang Masa? Ini Daftarnya, Ternyata Bukan Pemain Mesir Lho!
Patung Samuel Etoo. Siapa Pencetak Gol Terbanyak Piala Afrika Sepanjang Masa? Ini Daftarnya, Ternyata Bukan Pemain Mesir Lho! /Instagram/@bukusenirupa/

GARUDA SPORT - Sebagai tim dengan keikutsertaan paling banyak, Mesir memang merajai statistik Piala Afrika. Selain gelar juara terbanyak, mereka juga tercatat sebagai tim dengan jumlah kemenangan dan gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Afrika.

Mesir hingga saat ini tercatat 45 kali meraih kemenangan di semua laga putaran final Piala Afrika. Dari total 84 pertandingan yang sudah dilakoni, mereka juga mengemas 139 gol atau yang terbanyak, diikuti Nigeria dengan 105 gol.

Meskipun demikian, secara individu Mesir ternyata tidak menempatkan pemainnya di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Afrika sepanjang masa. Pemain Mesir paling subur, Hassan El-Shazly, hanya tercatat di urutan keempat dengan total 12 gol.

Baca Juga: Baru Digelar 34 Kali, Ternyata 35 Negara pernah Menjadi Tuan Rumah Piala Afrika! Siapa yang Paling Sering?

Di posisi puncak, justru Kamerun yang menempatkan pemainnya sebagai pencatak gol terbanyak Piala Afrika sepanjang masa. Meskipun negaranya hanya berada di peringkat ketiga tim tersubur Piala Afrika dengan total 104 gol, striker legendaris Kamerun Samuel Etoo menjadi pemain paling produktif di Piala Afrika sepanjang masa.

Etoo tercatat sudah mengoleksi total 16 gol, jumlah yang terpaut dua gol dari peringkat kedua Laurent Pokou dari Pantai Gading dan pemain Nigeria Rashidi Yekini.

Lantas seperti apa daftar lengkap pencetak gol terbanyak Piala Afrika sepanjang masa? simak berikut ini:

Baca Juga: Link Live Streaming Bigmatch Liga Inggris: Liverpool vs Chelsea, Pemanasan Jelang Final Carabao Cup

1. 16 gol: Samuel Eto'o (Kamerun)

Halaman:

Editor: Handri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah